Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Niat untuk Mematuhi Kewajiban Perpajakan Calon Wajib Pajak dengan Kesadaran Pajak sebagai Variabel Intervening

Dewi Kusuma Wardani, Anita Primastiwi, Sahrul Ramadhan

Abstract


This study aims to reveal whether the socialization of taxation to high school students in Yogyakarta has an effect on their intention to comply with taxes through tax awareness. This research data uses direct / primary data. The sampling method is convenience sampling. The data analysis technique is path analysis with the socialization of taxation being the independent variable and the intention to comply with taxes as the dependent variable, and tax awareness being the intervening variable. The results of the analysis conclude that tax socialization has a positive effect on tax awareness and tax compliance intentions, tax awareness also has a positive effect on tax compliance intentions, and tax socialization also has a positive effect on tax compliance intentions through tax awareness. The implication of this research proves that the socialization of taxation is one of the elements that has an important role in the growth of tax compliance intentions within prospective taxpayers.

Keywords: Tax Socialization; Tax Awareness; Tax Compliant Intent; Prospective Taxpayers.


References


Cahya Pekerti, T., Wilopo, & Maulinahardi R, M. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Pemahaman Wajib Pajak yang Mendukung Kepatuhan Wajib pajak. Jurnal Perpajakan, 7(1), 1–10.

Faris Naufal, M., & Setiawan, P. E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Prosedur Perpajakan, Umur, Jenis Pekerjaan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, 25, 241.

Hafiz, M. (2018). Pengaruh Sosialisasi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak melalui Pemahaman Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Kebijakan Amnesti Pajak pada UMKM di KPP Pratama Semarang Tengah Dua). Universitas Dioponegoro, 7(3).

Jessica Novia Susanto. (2013). Pengaruh Persepsi Pelayanan Aparat Pajak, Persepsi Pengetahuan Wajib Pajak, dan Persepsi Pengetahuan Korupsi terhadap Kepatuhan. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–17.

Lesmana, D., Panjaitan, D., & Maimunah, M. (2018). Tax Compliance ditinjau dari Theory of Planned Behavior (TPB): Studi Empiris pada Wajip Pajak Orang Pribadi dan Badan yang Terdaftar Pada KPP di Kota Palembang. InFestasi.

Lubis, B. P. (2019). The Effect of Understanding Taxation Regulations , Understanding Tax Accounting , Tax Planning and Application Modern Tax Administration System on Tax Compliance ( Survey of Taxpayers Registered at Tax Office Cengkareng - Jakarta ). 8(9), 2018–2020.

Nurkhin, A., Novanty, I., Muhsin, M., & Sumiadji, S. (2018). The Influence of Tax Understanding, Tax Awareness and Tax Amnesty toward Taxpayer Compliance. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 22(2).

Purba, B. P. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Pelayanan Fiskus Sebagai Variabel Moderating di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Kembangan. Akuntansi Perpajakan, 1(2), 29–43.

Sari, I. K., & Saryadi. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak melalui Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pelaku UMKM yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Timur). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Septiani, E., Susyanti, J., & Rachmat, A. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Tarif Perpajakan, dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). E – Jurnal Riset Manajemen, 126–138.

Septiyani, N., & Putranti, T. M. (2013). Penguatan Pengetahuan Perpajakan bagi Siswa Didik Menuju Voluntary Tax Compliance yang Berkelanjutan (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat di Provinsi DKI Jakarta). Hal 1-20.

Wanarta, F. E., & Mangoting, Y. (2014). Pengaruh Sikap Ketidakpatuhan Pajak, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku yang Dipersepsikan terhadap Niat Wajib Pajak Orang Pribadi untuk Melakukan Penggelapan Pajak. Tax & Accounting Review, 4(1), 138.

Wardani, D. K., Kartikasari, F. Pengaruh Sosialisasi PP 23/2018 terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM dengan Pemahaman Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening. 5(1), 1–16.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pengetahuan Perpajakan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen) Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1).

Winerungan, O. L. (2013). Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan WPOP Di Kpp Manado Dan Kpp Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 960–970.

Wulandari, T., A., & Ilham, E. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(2).

www.krjogja.com. Diakses 28 November 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.35137/jabk.v8i1.486

Copyright (c) 2021 Dewi Kusuma Wardani, Anita Primastiwi, Sahrul Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Jurnal Akuntansi & Bisnis Krisnadwipayana (JABK)

Universitas Krisnadwipayana
Kampus Unkris Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur 17411
Email: jurnalakuntansi.prodi@gmail.com




Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.