ANALISIS PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TIGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA DEPOK SAWANGAN
Abstract
This study aims to determine the Analysis of the Influence of Tax Services, and Tax Sanctions on the Level of Personal Taxpayer Compliance at the Depok Sawangan Pratama Tax Office. The population in this research is quantitative research with a descriptive approach. Research Result.The results of this study indicate that the variable influence of awareness, quality of tax services and tax sanctions on the level of compliance of individual tax payer. This can be proven Tax Awareness obtains a value of arithmetic of 3,511 which is greater than the value of tabel of 1,98498 a significant value of 0,001 means less than 0,05 so it can be concluded that tax awareness has a positive effect on tax compliance. The Tax Service Quality varibale obtains the t value of 2,411 which means it is greater than the t table value of 1,98498, a significant value of 0,032 which means it is less than 0,05 so it can be concluded that the Tax Service Quality has a positive effect on tax compliance. The Tax Sanction variable obtained a t value of 2,174 which means it os greater than the table value of 1,98498 a significant value of 0,043 which means less than 0,05 so it can be concluded that tax sanctions have a positive effect on tax compliance.Based on the results og the study conclued that the variabel Analysis of Awareness, Quality of Tax Service, and Tax Sanctions on the Level of Compliance of Individual Taxpayers in Depok Sawangan Pratama Tax Office. Sanctions Author Depok Sawangan Primary Tax Office to hold regular and on going socialization about tax payer awareness that contains the benefits of paying tax payers and corporate tax payer can be more obedient in fulfilling obligations and paying their taxes so that it will have an impact on increasing tax revenue in Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Resmi, Siti. 2013. Perpajakan: Teori dan Kasus.Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.
Soemitro, Rochmat. 2009. Asas dan Dasar Perpajakan.Bandung : Refika Aditama.
Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta:Penerbit Andi
Alamsyah M Rifky, Rahayu Sri, Muslih M. 2017. Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kineja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Depok). Vol 15 No. 2.
Jotopurnomo, C., Mangoting, Y. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, Vol.1, No.1. Hal 51
Fuadi,Oentara Arabella dan Yenni Mangoting.2013.Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.Tax and Accounting Review,Vol 1.No 1.2013
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Ananlisis Multivariatedengan Program IBM SPSS 19.Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Nugroho,Rahman Adi & Zulaikha. 2012. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak SebagaiVariabel Intervwning. DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012, Halaman 1-11
Ananingsih, Puji. 2007. “Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Aktifitas Terhadap Rentabilitas Koperasi pada Koperasi Republik Indonesia (KPRI) Unit Simpan Pinjam di Kabupaten Temanggung Tahun 2003-2005”.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Anggara, Rian. dan Chotimah, Umi. 2012, “Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP se-Kabupaten Ogan Ilir”. Jurnal Forum Sosial, Vol. V, No. 02, hal : 188-197
Ajija, Shochrul R,dkk. 2011. Cara Cerdas Menguasai Eviews.
Jakarta: Salemba Empat
Arum, Harjanti Puspa. 2012. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap)”. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro
M, A. Anas. 2011. “Pengaruh Intensifikasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayar Pajak Penghasilan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jepara”. Universitas Muria Kudus
Made, Adi Merta Prabawa. 2012. “pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayana fiskus, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara”.Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Denpasar.
Claudia, Monica. 2015. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Rungkut di Surabaya)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya,
Vol.4, No.2, 2015 hal 1-15.
Jurnal Perpajakan (JEJAK)| Vol. 8 No. 1 2016| perpajakan.studentjournal.ub.ac.id
Agus Nugroho Jatmiko, 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang.Unisversitas Diponegoro: Tesis Megister Akuntansi
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.03/2013 tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.
Aruan, Rini, Edi Sujana dan Ni Luh Gede Erni Sulindawati. (2017). Pengaruh Sikap Wajib Pajak, Moral Wajib Pajak Dan Kemauan Untuk Membayar Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Gianyar. e-journal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Vol.8 No.2 Tahun 2017.
Azhari, Muhammad Faiza. 2017. Pengaruh Self Assesment System dan PemeriksaanPajak Terhadap Tax Evasion. Skripsi S1 pada Universitas Pasundan:
Aris, Muhammad Abdul, dan Mujiati. 2014. “perpajakan kontemporer” Muhammadiyah University Press, 2010.
Arabella Oentari Fuadi dan Yenni Mangoting. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Program Akuntansi Pajak Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Petra.
DOI: http://dx.doi.org/10.35137/jabk.v7i3.445
Copyright (c) 2020 Mulia Rahmah, S. Kom., M.Si.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats