GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI DETERMINASI NILAI PERUSAHAAN ( Studi Empiris pada Perusahaan perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 – 2020)

Hj. Dewi Rejeki, SE., Ak., M.Si., CA., Puput Winningsih

Abstract


This study aims to empirically prove the influence of Good Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on firm value in LQ45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017 to 2020 both partially and empirically, using several variables, namely Good Corporate Governance with 3 indicators. measurements such as Independent Board of Commissioners, Institutional Ownership, Managerial Ownership and Corporate Social Responsibility. The method used in this research is quantitative which according to the level of explanation includes associative research with a casual approach. The type of data used is secondary data with data sources from audited financial statements, namely LQ45 Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) based on time series for the period 2017 to 2019. The results of this study partially prove that Good Corporate Governance has no effect. on the value of the company, while Corporate Social Responsibility has an effect on the Firm Value of the Company, while simultaneously Good Corporate Governance and Corporate Social Responsibility have an effect on the Firm Value of the Company.


Keywords


Good Corporate ; good Governance; Corporate Social Responsibility ; the Firm Value of the Company

References


Adnantara, K. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Dan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan. Buletin Studi Ekonomi, 18(2), 107–113.

Agoes, S. (2011). Etika Bisnis dan Profesi. Salemba Empat, 2009.

Amaliyah, F., dan dan Herwiyanti, E. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, dan Komite Audit terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Akuntansi, 9.

Ardana, S. A. I. C. (2014). Etika Bisnis dan Profesi : Tantangan Membangun Manusia. Salemba Empat.

Aryanto, A., dan Setyorini, C. T. (2019). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Dan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 14(2), 181. https://doi.org/10.25105/jipak.v14i2.5020

Ayuningtias, Dwi, dan Kurnia. (2013). Penggaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Deviden Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Antara. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1.

Azzahrah, Y. (2014). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada sektor perkbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013). Akuntansi.

Desiana, F. (2020). Kajian dan Solusi Manajemen Berbasis Riset.

FCGI. (2000). Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance ( Tata Kelola Perusahaan ).

Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Global Reporting Initiative. (2016). Pedoman Pelaporan Keberlanjutan G4: Prinsip-Prinsip Pelaporan dan Pengungkapan Standar. In Global Reporting Initiative.

Hariati, I., dan Rihatiningtyas, Y. W. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah, 11(2), 52–59.

Hendro, sigit tri. (2012). Etika Bisnis Modern : pendekatan pemangku kepentingan. Unit penerbit dan pencetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hernanti. (2016). This study aims to reexamine the effect of good corporate governance variables and corporate social responsibility disclosure on firm value. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2015-2017 p. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 11(1), 54–62.

Isynuwardhana, M., dan Deannes, A. F. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Journal of Chemical Information and Modeling, 3, 89–100.

KNKG. (n.d.). Pedoman umum good corporate governance indonesia. 2006, 634.

Kusumajaya. (2011). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Universitas Udayana.

Kusumaningtyas, T. K., dan Andayani. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar pada indeks SRI-Kehati. 4(7), 1–16.

Marius, M. E., dan Indah, M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Konferensi Ilmiah Akuntansi IV.

Mulpiani, W. (2019). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis, 2, 77–90. https://doi.org/10.24167/jab.v17i1.2284

Mutmainah. (2015). Analisis Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal Stiedewantara, Vol. X(No.2, Oktober), pp: 1-15. http://ejournal.stiedewantara.ac.id

Ningrum, R. A., Fachrurrozie, F., dan Jayanto, P. Y. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Pengungkapan Isr. Journal Of Accounting, 2(4), 430–438. https://doi.org/10.15294/aaj.v2i4.4169

Nurhayati, dan Medyawati. (2012). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Dalam LQ45 pada Tahun 2009-2011. Jurnal Akuntansi, 1, 1–13.

Rimardhani, H., Hidayat, R., dan Dwiatmanto, D. (2016). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 31(1), 167–175.

Rudito, Bambang dan Famiola, M. (2013). CSR (Corporate Social Responsibility). 14 Maret 2014.

Sandra, M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahan Pada Subsektor Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal Finance Accounting, 1(11), 1960–1971. http://journal.widyadharma.ac.id/index.php/finacc/article/view/499

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Media.

Sholekah, F. W., dan Venusita, L. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Firm Size, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 795–807.

Soundarya, S. (2015). Corporate Social Responsibility : A Contemporary Approach Towards Sustainable Development. IOSR Journal of Business and Management, 40–43.

Srimindarti dan Puspitasari. (2014). Peran Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit dan Auditor Eksternal terhadap Integritas Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi Aktual.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD. PT Alfabet.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden Dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v1i2.703

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. PT Refika Aditama.

Thomas, dan J., C. W. (2004). Manajemen Keuangan (9th ed.). Rineka Cipta.

Wardoyo, dan Veronica, T. M. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance, CSR dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 132–149. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm

Widarjo, Bandi, H. (2010). Pengaruh Ownership Retention, Investasi dari Proceeds, dan Reputasi Auditor Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial dan Institusional sebagai Variabel Pemoderasi. Akuntansi, 1–23.

Wongso, A. (2013). Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Kepemilikan, dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan dalam Perspektif Teori Agensi dan Teori Agensi dan Teori Signaling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(5), 1–6.

Yolan, D. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada sektor barang konsumsi yang tercatat di BEI periode tahun 2015-2019 Yolan Dahlia. 07(01), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.35137/jabk.v9i1.637

Copyright (c) 2022 Hj. Dewi Rejeki, SE., Ak., M.Si., CA., Puput Winningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana (JABK)

Universitas Krisnadwipayana
Kampus Unkris Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur 17411
Email: jurnalakuntansi.prodi@gmail.com




Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.