PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019

Munawaroh, Munawaroh SE., Ak., MM., CA., CSRS., Vinny Febriani

Abstract


This study’s purpose was to analyze the effect of managerial ownership, institutional ownership, and Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure on firm value to the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange for 2017-2019. Using the purposive sampling method in its sample selection and yielded 26 companies.  The results showed that partially institutional ownership and CSR disclosure positively affect firm value, managerial ownership is significantly negative, while simultaneously has positive effect.


Keywords


Managerial Ownership ; Institutional Ownership ; Corporate Social Responsibility Disclosure ; Firm Value

References


Asnawi, Ibrahim, R. dan Saputra, M. 2019. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Perspektif Ekonom Darussalam, 5(1), hal. 72–85.

Berle, A.A dan Means, G.C. 1932. The Modern Corporation and Private Property. Transaction Publishers. New Brunswick-USA.

Darmayanti, F.E. dan Sanusi, F. 2018. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 11, No. 1, hal. 1–20.

Diyah, Pujiati dan Widanar, Erman. 2009. Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan: Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura, Vol. 12. No.1. hal. 71-86

Hamdani. 2019. Konsep Corporate Governance Syariah. edisi 1, Mitra Wacana Media. Jakarta.

Handarini, D. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penciptaan Nilai Pemegang Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 13(2), hal. 157–175.

Hartana, I.P.R dan Putra, N.W.A. 2017. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(3), hal. 1903–1932. doi: 10.24843/EJA.2017.v21.i03.p08.

Humairo, F. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Balance: Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan, 15(2), hal. 162–188.

Karina, D.R.M dan Setiadi, I. 2020. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan GCG sebagai Pemoderasi. JRAMB, 6(1), hal. 37–49.

Koenig, D.R. 2020. Governance Reimagined Organizational Design, Risk, and Value Creation (Edisi Bahasa Indonesia). Grasindo. Jakarta.

Lestari, L. 2017. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(September), hal. 293–306. doi: 10.36226/jrmb.v2is1.62.

Marbun, E. dan Christian L.T.V. 2020. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aksara Public, 4(1), hal. 87–97.

Nurani, M.D. 2019. Menuju Bisnis Berkelanjutan Petunjuk Praktis Pelaksanaan CSR. Edisi 2. Balai Pustaka. Jakarta.

Poluan, S.J., Octavianus, R.J.N. dan Prabowo, E.A. 2019. Analisis EVA, MVA, dan Tobin s Q Terhadap Harga Saham Emiten di BEI Periode 2012-2016. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan. 2(July), hal. 1–16. doi: 10.24167/jemap.v2i1.1867.

Pratiwi, D.A. dan Widyawati, N. 2017. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(12), hal. 1–22.

Putranto, P. dan Kurniawan, E. 2018. Effect of Managerial Ownership and Profitability On Firm Value (Empirical Study on Food and Beverage Industrial Sector Company 2012 to 2015). European Journal of Business and Management, 10(25), hal. 96–104.

Ramadhani, D.N. 2020. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Universitas Islam Malang, 09(03), hal. 140–157.

Rivai, V., Syafii Antonio, M. dan Darmansyah Hadad, M. (2018) Islamic Business Management. Edisi 3. BPFE. Yogyakarta.

Sembiring, Y.C. 2020. Pengaruh Kepemilikan Instutusional dan Kepemilikian Manajerial Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(1), hal. 91–100.

Widati, S. dan Salsiyah, S. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Agrikultur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 3(1).

Yusuf, M.Y. 2017. Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Edisi 1. Diedit oleh S. Sarah. Kencana. Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.35137/jabk.v9i1.641

Copyright (c) 2022 Munawaroh, Munawaroh SE., Ak., MM., CA., CSRS., Vinny Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana (JABK)

Universitas Krisnadwipayana
Kampus Unkris Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur 17411
Email: jurnalakuntansi.prodi@gmail.com




Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.