PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. ERAJAYA SWASEMBADA, Tbk (Studi Kasus Toko Erafone ITC Cempaka Mas)

Tini Juartini

Abstract


Based on the results of the study, the following conclusions can be drawn there is a significant effect between service quality on customer satisfaction at the Erafone ITC Cempaka Mas store. There is a significant influence between price on customer satisfaction at the Erafone ITC Cempaka Mas store. There is a significant effect between service quality and price simultaneously on customer satisfaction at the Erafone ITC Cempaka Mas toko store.

Keywords


Quality of service, price and customer satisfaction

References


Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Indosteger Jaya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.4, No.1 Februari 2019: 37 – 44.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Laksana, Fajar. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran, Cetakan Pertama. Depok: Khalifah Mediatama.

Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. TIKI Cabang Semarang. Management Analysis Journal 1 (4) (2012). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Qin, Prybutok, et al. 2010. Perceived Service Quality In Fast Food Restaurants: Empirical Evidence From China. International Journal of Quality and Reliability Management. Volume 27 no. 4. Pp 424-437.

Rangkuti, Freddy. 2016. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rizkianto, Yoga. 2019. Pengaruh kualitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Erajaya Swasembada Tbk. (Studi kasus pada toko Erafone ITC Cempaka Mas). Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmun Ekonomi Nasional Indonesia, Jakarta

Sari, Roza Maya dan Kurnia, Efry. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tuntungan Indah Lestari Raya Medan. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018. STMIK Royal – AMIK Royal, hlm. 451 – 454.

Sembiring Inka Janita, et al. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 12, No 1.

Sintya, Lumintang Intan., Lapian, L. H. V. Joyce dan Karuntu, Merlyn M. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Gojek Online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1778 – 1787.

Siregar, Syofian. 2017. Metode penelitian kuantitatif, Cetakan ke-4. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung: Alpa Beta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2019. Service, Quality dan Satisfaction, edisi 5. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.35137/jei.v23i2.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tini Juartini

Editorial Office
Jurnal Ekonomi & Industri (JEI)

Universitas Krisnadwipayana
Kampus Unkris Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur 17411
Phone : 085715942018 / email : jei@unkris.ac.id

 


Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.