PENGARUH CITRA MEREK, KEMUDAHAN TRANSAKSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA KOPERASI SYARIAH BMT BISMA TANGERANG

Nur Jamaludin, Rohadatul A'is

Abstract


This study aims to determine the effect of brand image, ease of transaction and location on the decision to become a member of the Sharia Cooperative BMT BISMA Kelapa Dua Tangerang. This study took the population of members of the BMT BISMA Kelapa Dua Sharia Cooperative with purposive sampling technique. The method used is descriptive quantitative by conducting statistical tests consisting of validity, reliability, classical assumption tests, multiple regression tests and hypothesis testing by testing brand image variables, transaction convenience and location  partial or simultaneous influence on the decision. The findings of this study indicate that the ease of transaction and location variables have a positive and significant influence on the decision to become a member of the BMT BISMA Sharia Cooperative. While the brand image variable does not have a significant influence on the decision to become a member of the BMT BISMA Sharia Cooperative.

Keywords


Brand image, transaction convenience, location, and decision

Full Text:

PDF

References


Andy. Jumlah Anggota Koperasi Syariah BMT BISMA, February 17, 2020.

Afandi, Muhammad Anif dan Amin, Muhammad. “Determinan Konsumsi Pada Negara Mayoritas Berpenduduk Muslim Dan Non Muslim : Studi Kasus Indonesia Dan Singapura.” Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) 3(1) (June 2018).

Harahap, Dedy Ansari. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU (PAJUS) Medan.” Jurnal Keuangan Dan Bisnis 7(3) (November 2015).

Hardani, dkk. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.

Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia. “Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia,” March 31, 2021. https://kopsyahbmi.co.id/.

Lestari, Niken Ayu dan Iriani, Sri Setyo. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.Com.” Jurnal Ilmu Manajemen 6(1) (2018).

Marendra, I Gede. “Pengarur Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Minimarket (Alfamart Atau Indomart) (Studi Kasus Di Universitas Pamulang).” Jurnal Pemasaran Kompertitif 1(3) (April 2018).

Nafiah, Zumrotun. “Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tenang Lembaga Keuangan Syariah Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Anggota BMT Yaummi Fatimah Pati Cabang Juwana.” Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo, 2018.

Nuri, Ria Shihiyyati. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Peserta Asuransi Pada Produk Takaful Dana Pendidikan (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Representative Office Tangerang Banten).” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village, 2020.

Pardede, Ratlan dan Haryadi, Tarcicius Yudi. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembeliain Konsumen Yang Dimediasi Keputusan Konsumen.” Journal of Business & Applied Management 10(1) (2017).

Saripah, Putri, Adriyanti Agustina dan Darwin, Ranti. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan e-Filling Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Pekanbaru Tampan Tahun 2015.” Jurnal Akuntansi & Ekonomika 6(2) (2016).

Ulfah, Cut Dilam Chalida. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Periiklanan Dan Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Meulaboh).” Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v9i3.607

Copyright (c) 2021 Nur Jamaludin, Rohadatul A'is



Editorial Office
Jurnal Manajamen Bisnis Krisnadwipayana (JMBK)

Universitas Krisnadwipayana
Kampus Unkris Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur 17411
Phone: 0816 1353 180
Email: jmbk.fe@gmail.com

 


Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.