PEMANFAATAN WADAH BERBAGI PENGETAHUAN UNTUK MEMBANGUN BRAND AURA UMKM FASHION DI JAKARTA

Achsanul Qosasi, Erwin Permana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa wadah berbagi pengetahuan berpengaruh terhadap pembentukan brand aura UMKM Fashion di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitif deskriptif. Jumlah reponden yang terlibat sebanyak 100 orang responden dengan kriteria konsumen yang pernah melakukan transaksi langsung dan online di UMKM fashion. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling diberbagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan structual Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata untuk membangun brand aura UMKM fashion dipengaruhi langsung oleh wadah berbagi pengetahuan dengan menggunakan empat ruang yang ada didalamnya. Dengan memanfaatkan empat ruang wadah pengetahuan, UMKM fashion mendapat panduan untuk membangun brand aura yang kuat dimata konsumen. Temuan empiris ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM sebagai langkah awal untuk membangun hubungan yang lebih intim dengan konsumen (costumer engagement). Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan kajian terhadap pengaruh wadah berbagi pengetahuan terhadap loyalitas konsumen UMKM fashion.

References


Brown, et al. (2005). ”Spreading The Words : Investigating Antecedents of Customer’s Positive Word of Mouth Intention And Behavior in Retailing Context”. Academy of Marketing Science Journals, Vol.33, no 2, 123-138.

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang:FE UNDIP.

Ghozali, Imam. (2014) Structural Equation Modeling, Partial Least Square Edisi IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Go F, Van Fenema PC. (2006). Moving bodies and connecting minds in space: a matter of mind over matter. Advances in Organization Studies 17: 64-78

Hendriks, P. (1999). Why share knowledge? The influence of ICT on the motivation for knowledge sharing. Knowledge and process management 6 (2), 91-100.

Hur WM, Ahn KH, Kim M. (2011). Building brand loyalty through managing brand community commitment, Management Decision 49 (7): 1194-1213.

Jöreskog K,Sörbom D. (2006). LISREL 8: User's Reference Guide. Chicago, IL: Scientific Software International Inc.

Jung, C. G. (1981). The archetypes and the collective unconscious (No. 20). Princeton University Press.

Muñiz Jr AM, O'Guinn TC. (2001). Brand community. Journal of Consumer Research 27 (4): 412-432.

Pinjani P, Palvia P. (2013). Trust and knowledge sharing in diverse global virtual teams. Information & Management.

Schmitt, Bernd H and Alex Simonson. (1997). Marketing Aesthetics: Strategic Management of Brands, Identity, and Image. New York: The Free Press.

Soehadi dan Murdiyanto D. (2014). The Power of Brand Aura. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarlin et al (2013). Pengaruh Wadah Berbagi Pengetahuan Terhadap Komitmen dari Komunitas Merk. Jurnal Manajemen Teknologi. Volume 12 Number 1: 88-101

Syarifal, laila (2016). Peran Dan Strategi Wadah Berbagi Pengetahuan Terhadap Persepsi Diri Dan Komitmen Pembelian. Thesis. Universitas Pancasila. Jakarta

Van den Hoof, B & De Ridder, J. A. (2004). Knowledge sharing in context: The influence of organizational commitment, communication climate and CMC use on knowledge sharing. Journal of knowledge management. 8/6: 117-130.

Wann YW, Sukoco BM. (2010). Why should I share? examining consumers motives and trust on knowledge sharing. Journal of Computer Information System 50 (4): 11-19

Yan Yan Sunarya. (2014). Perkembangan Desain Produk UMKM Industri Kreatif Fashion

Zainuddin, Antonius W Sumarlin, Bambang Purwoko. (2016). Building Brand Aura: Does The Aura Gap Between 3 Local Coffee Shop Chains in Indonesia and Their Customers Affect Trust and Loyalty? International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 6, Issue 10, October 2016 250 ISSN 2250-3153


Refbacks

  • There are currently no refbacks.