PENGARUH IKLAN DAN PENGGUNAAN SELEBRITAS DALAM IKLAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MELALUI KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Gusti Herdaningtyas, Francy Iriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh  iklan dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kesadaran merek yang terdiri dari lima dimensi, yaitu kemenarikan, keahlian, kredibilitas, brand recall dan brand recognition. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna produk Pond’s Men dengan lokasi penelitian di Jakarta Selatan.  Data primer yang diperoleh dari 100 responden kemudian diolah dengan menggunakan konsep GSCA (Generalized Structural Component Analysis) yang merupakan salah satu pendekatan modelling SEM atau SEM berbasis komponen atau varian. SEM digunakan untuk menggambarkan hubungan seara simultan antar variabel laten dan antara variabel laten dengan variabel manifes sebagai indikator. Pendekatan GSCA mendefinisika variabel laten sebagai komponen tertimbang dari variabel variabel manifes.Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel minat beli dipengaruhi seara langsung oleh variabel iklan dan kesadaran merek. Varibel celebrity endorser tidak berpengaruh secara langsung terhadap variabel minat beli. Variabel iklan juga tidak mempengaruhi variabel kesdaran merek.

References


Aprillia, K., dan Ghozali, I. 2013. ‘General Structured Component Analysis (GeSCA) Model Persamaan structural berbasis komponen, Semarang: Universitas Diponogoro

Baskoro Ndaru Murti, 2014. “Analisis pengaruh iklan dan Celebrity Endorserterhadap citra merek dalam meningkatkan minat beli pada produk sepatuolahraga ADIDAS” Skripsi Universitas Diponegoro

Elizabteh Stephanie, 2013. “Analisis pengaruh Rio Dewanto dan Donita sebagai celebrity endorser terhadap minat beli produk AXE ANARCHY dengan dayatarik iklan dan efek iklan sebagai variabel intervening” Universitas Kristen Petra, Jurnal Manejemen Pemasaran, Vol.1, No.2, 2013, Hal.1-9.

Febryan, F. 2010. The Power of Selling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ghazali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modeling, Semarang: Universitas Dipenogoro.

Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kertamukti, R. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan, Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran, Depok: Kharisma Putra Utama.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Sarjono, H & Julianita, W. 2011. SPSS vs LISREL, Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, U 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Shimp, T. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Kotler, Phillip & Keller, Kevin Lane, 2014, Marketing Management, Pearson Education Prentice Hall Inc, 14th ed, New Jersey.

Schiffman dan Kanuk.2010. Consumer behavior, Prentice Hall Inc, 10th ed, New Jersey

Sugiyono. 2008. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.